Berikut ini Perencanaan Perbaikan Pembelajaran laporan PTK mata pelajaran Matematika Kelas V semester I (satu) tentang operasi bilangan bulat dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Metode yang Bervariasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Tambaharjo
Perencanaan Perbaikan Pembelajaran Matematika
Fakta/data pembelajaran yang terjadi di kelas:
Nilai rata-rata ulangan harian siswa pada kompetensi dasar melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk menggunakan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran adalah 60,9, dari 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, baru 8 siswa atau 38% yang telah tuntas belajar dan 13 anak (62%) belum tuntas. Perlu diketahui bahwa KKM untuk mata pelajaran matematika adalah 70.
Identifikasi Masalah:
Kurangnya variasi penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga siswa merasa jenuh, yang mengakibatkan hasil belajar kurang memuaskan.
Analisis Masalah:
Guru selama melaksanakan pembelajaran di kelas belum melibatkan siswa secara aktif dan belum menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran, sehingga hanya beberapa siswa saja yang aktif dan yang lainnya diam karena jenuh bahkan ada yang bercanda dengan temannya.
Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah:
Melaksanakan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif, yaitu metode yang bervariasi berupa diskusi, penugasan, tanya jawab, dan latihan.
Rumusan Masalah:
Apakah penggunaan metode yang bervariasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika? Bagaimana penggunaan metode yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika?
RPP Perbaikan:
Siklus I menggunakan metode yang bervariasi berupa diskusi dan penugasan. Siklus II menggunakan metode yang bervariasi berupa diskusi, penugasan, dan tanya jawab. Siklus II menggunakan metode yang bervariasi berupa diskusi, penugasan, tanya jawab, dan latihan.