BAB I PTK Matematika Kelas 5 - Berikut ini BAB I Pendahuluan PTK Matematika Kelas 5 dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Metode yang Bervariasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Tambaharjo.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang sangat penting, karena sebagai konsep dasar yang menentukan keberhasilan pembelajaran matematika di jenjang yang lebih tinggi, apalagi pada konsep operasi hitung bilangan bulat. Konsep ini sangat penting karena terkait dengan mata pelajaran lain. Pembelajaran matematika di sekolah dasar biasanya masih menggunakan metode latihan saja, sehingga siswa merasa jenuh karena harus selalu berhadapan dengan latihan soal setiap kali ada mata pelajaran matematika.
Berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen selama pembelajaran matematika berlangsung penggunaan metode latihan belum bisa mengoptimalkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Nilai rata-rata ulangan harian siswa pada kompetensi dasar melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk menggunakan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran adalah 60,9, dari 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, baru 8 siswa atau 38% yang telah tuntas belajar dan 13 anak (62%) belum tuntas. Perlu diketahui bahwa KKM untuk mata pelajaran matematika adalah 70.
Berdasarkan hasil di atas, dilakukan analisis bersama teman sejawat untuk mengidentifikasi masalah tersebut karena kurangnya variasi penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga siswa merasa jenuh, yang mengakibatkan hasil belajar kurang memuaskan. Guru selama melaksanakan pembelajaran di kelas belum melibatkan siswa secara aktif dan belum menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran, sehingga hanya beberapa siswa saja yang aktif dan yang lainnya diam karena jenuh bahkan ada yang bercanda dengan temannya.
Berdasarkan kekurangan itu, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dilaksanakannya kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif, yaitu metode yang bervariasi berupa diskusi, penugasan, tanya jawab, dan latihan. Melalui metode yang bervariasi siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran bahkan merasa tertantang untuk mengerjakan latihan-latihan soal. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK dengan judul” Upaya Peningkatan hasil Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Metode yang Bervariasi pada Siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah penelitian adalah:
- Apakah penggunaan metode yang bervariasi dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo?
- Bagaimana penggunaan metode yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa matematika tentang operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo?
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian adalah:
- Untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo.
- Untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo.
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Manfaat penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Manfaat Teoritis. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang operasi hitung bilangan bulat dengan metode yang bervariasi.
- Manfaat Praktis:
- Bagi guru. Dapat mengetahui strategi yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa melalui metode yang bervariasi dalam pembelajaran matematika.
- Bagi siswa. Dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui metode yang bervariasi sehingga memperoleh hasil yang memuaskan.
- Bagi sekolah. Dapat meningkatkan mutu sekolah dan memberikan pengalaman baru serta masukan bagi guru untuk meningkatkan kinerjanya dalam upaya peningkatan keaktifan siswa dengan melaksanakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran matematika.