Berikut ini PTK Matematika BAB V Kelas 5 dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Metode yang Bervariasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Tambaharjo.
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan temuan yang diperoleh pada Studi awal, siklus I, II, dan siklus III, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
- Penggunaan metode yang bervariasi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo pada mata pelajaran matematika konsep operasi hitung bilangan bulat. Siklus I yang telah aktif belajar 14 siswa dari 21 siswa atau 66,67%. Siklus II yang telah aktif belajar 18 siswa dari 21 siswa atau 85,71%. Siklus III seluruh siswa yang berjumlah 21 telah terlibat aktif dalam pembelajaran atau 100%.
- Penggunaan metode yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo pada mata pelajaran matematika konsep operasi hitung bilangan bulat. Siklus I yang tuntas 14 siswa dari 21 siswa atau 66,67%. Siklus II yang tuntas 18 siswa dari 21 siswa atau 85,71%. Siklus III seluruh siswa yang berjumlah 21 telah tuntas belajar atau 100%.
B. Saran Tindak Lanjut
1. Bagi Guru
- Guru hendaknya mencoba menerapkan cara belajar yang serupa pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan partisipasi siswa secara aktif dalam pembelajaran.
- Dalam elemen penanaman konsep matematika guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi karena dapat meningkatkan keaktifan, motivasi, dan minat belajar siswa.
- Guru hendaknya memunculkan potensi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih aktif dan pembelajaran menjadi efektif.
- Sebagai seorang pendidik, guru harus berinovasi untuk mendapatkan pengetahuan yang memadai agar tidak tertinggal dengan perkembangan pengetahuan yang semakin pesat.
2. Bagi Siswa
- Siswa harus aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melalui diskusi kelompok, tanya-jawab, dan latihan soal.
- Siswa hendaknya berani bertanya, mengemukakan pendapat, atau menanggapi pendapat siswa lain dalam proses diskusi kelompok.
- Siswa harus selalu melatih keterampilannya agar hasil belajar meningkat.
3. Bagi Sekolah
- Sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana misalnya alat peraga dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
- Sekolah harus memberikan kesempatan kepada guru seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan peningkatan profesionalisme guru.
- KKG/MGMP yang telah lama ada agar diberdayakan lagi, kegiatan lesson study juga merupakan tempat yang sangat baik guna meningkatkan kemampuan guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran.