Berikut ini Lembar Observasi Kinerja Guru Penenlitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran study awal pada proses penelitian perbaikan pembelajaran Matematika kelas 5 (lima) semester 1 (satu) tentang operasi hitung bilangan bulat dengan penggunaan metode yang bervariasi dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Metode yang Bervariasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.
Lampiran 4 LEMBAR OBSERVASI KINERJA GURU STUDI AWAL
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Dilaksanakan
|
Skala Penilaian
|
Ya
|
Tdk
|
4
|
3
|
2
|
1
|
I
|
A.
Kegiatan Awal
1.
Mempersiapkan siswa untuk belajar
2.
Memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
√
√
|
√
|
|
3
|
2
|
1
|
II
|
B.
Kegiatan Inti
1.
Mempresentasikan materi
pelajaran hari ini
2.
Mengorganiosasikan siswa ke
dalam beberapa kelompok maksimal 5
orang siswa yang heterogen
3.
Menginformasikan kepada semua
siswa tentang permasalahan yang akan dibahas.
4.
Memandu siswa dalam
mengerjakan tugas kelompoknya
5.
memberikan kesempatan siswa
untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.
6.
Memberikan evaluasi
7.
Memberi penghargaan pada
kelompok yang pekerjaannya bagus.
|
√
√
√
√
|
√
√
√
|
|
3
3
3
|
2
|
1
1
1
|
III
|
C.
Kegiatan Akhir
1.
Memberikan penguatan kepada siswa tentang materi
pembelajaran selama proses belajar mengajar
2.
Membimbing siswa menyimpulkan pelajaran
3.
Memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah
D.
Suasana Belajar
1.
Siswa antusias
2.
Guru antusias
3.
Waktu sesuai alokasi
4.
Pembelajaran sesuai dengan skenario RPP
|
√
√
|
√
√
√
√
√
|
|
|
2
2
|
1
1
1
1
1
|
Keterangan Skor Penilaian:
1 = Terlaksana tetapi tidak sesuai
2 = Terlaksana tetapi kurang tepat dan tidak sistematis
3 = Terlaksana dengan tepat tapi kurang sistematis
4 = Terlaksana dengan tepat dan sistematis
Tambaharjo, 2 Oktober 2013
Supervisor 2
Sunarti, S.Pd.
NIP 19600807 198401 2 045