RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN SIKLUS III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/1
Pertemuan ke- : I Sabtu, 19 Oktober 2013
Pertemuan ke- : II Rabu, 23 Oktober 2013
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
II. KOMPETENSI DASAR
Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk menggunakan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
III. INDIKATOR
- Menggunakan sifat komutatif (pertukaran) untuk melakukan operasi bilangan bulat
- Menggunakan sifat asosiatif (pengelompokan) untuk melakukan operasi bilangan bulat
- Menggunakan distributif (penyebaran) untuk melakukan operasi bilangan bulat
- Membulatkan hasil operasi hitung ke puluhan terdekat dan ratusan terdekat
- Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
- Menaksir ke ribuan terdekat
IV. TUJUAN
A. Tujuan Pembelajaran
- Melalui diskusi kelompok tentang sifat operasi hitung, siswa dapat menjumlahkan bilangan bulat dengan sifat komutatif dengan benar.
- Setelah penugasan kelompok tentang sifat operasi hitung, siswa dapat menjumlahkan bilangan bulat dengan sifat asosiatif dengan benar.
- Melalui diskusi kelompok tentang pembulatan hasil operasi hitung, siswa dapat melakukan pembulatan hasil operasi hitung bilangan ke dalam puluhan terdekat dengan benar.
- Melalui penugasan kelompok tentang pembulatan hasil operasi hitung, siswa dapat melakukan pembulatan hasil operasi ke dalam ratusan terdekat dengan benar.
B. Tujuan Perbaikan
Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang:
- Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan.
- Menaksir ke ribuan terdekat
V. MATERI PEMBELAJARAN
Operasi Hitung Bilangan Bulat
1. Sifat Komutatif (Pertukaran)
• Penjumlahan, contoh 3 + 5 = 5 + 3
• Perkalian, contoh 3 x 6 = 6 x 3
2. Sifat Asosiatif (Pengelompokan)
• Penjumlahan, contoh (2 + (-3)) + 15 = (-1) + 15
• Perkalian, contoh (3 x (-1)) x 4 = (-3) x 4
3. Sifat Distributif (Penyebaran)
• Contoh (7 x 8) + (7 x 2) = 7 x (8 + 2)
Pembulatan ke puluhan terdekat
Contoh: 28 dibulatkan menjadi 30
33 dibulatkan menjadi 30
Pembulatan ke ratusan terdekat
Contoh: 78 dibulatkan menjadi 100
163 dibulatkan menjadi 200
VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
A. Kegiatan awal
- Guru mengucapkan salam, berdo’a bersama, presensi dan mengkondisikan siswa untuk siap belajar sebagai pembuka.
- Guru memberikan beberapa keterangan yang mengacu pada materi pembelajaran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu melalui diskusi kelompok tentang sifat operasi hitung siswa dapat menjumlahkan bilangan-bilangan bulat dengan menggunakan sifat komutatif dan asosiatif, serta siswa dapat melakukan pembulatan hasil operasi hitung bilangan ke dalam puluhan dan ratusan terdekat dengan benar.
- Guru memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan serius agar hasilnya lebih memuaskan, “Anak-anak, marilah kita memulai belajar dengan penuh semangat, agar hasilnya lebih baik dari sebelumnya.
B. Kegiatan Inti
- Siswa dibagi menjadi 7 kelompok kecil yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang anak. Masing-masing kelompok diberikan lembar kerja kelompok.
- Siswa mengerjakan lembar kerja sesuai petunjuk dari guru. Siswa melakukan diskusi kelompok mengisi lembar kerja kelompok tentang menaksir hasil perkalian operasi hitung ke ribuan terdekat.
- Salah satu siswa mewakili kelompok maju untuk melaporkan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menanggapi.
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.
- Guru memberikan penguatan dan mengaskan materi pembelajaran. Siswa menyimpulkan dan merangkum materi.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa mengerjakan soal evaluasi.
- Siswa dan guru mengoreksi hasil evaluasi.
- Guru menganalisis hasil evaluasi dan memberikan tugas PR.
- Pembelajaran diakhiri dengan salam.
Pertemuan I
A. Kegiatan awal
- Guru mengucapkan salam, berdo’a bersama, presensi dan mengkondisikan siswa untuk siap belajar sebagai pembuka.
- Guru memberikan beberapa keterangan yang mengacu pada materi pembelajaran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu melalui diskusi diskusi kelompok tentang sifat operasi hitung siswa dapat menjumlahkan bilangan-bilangan bulat dengan menggunakan sifat komutatif dan asosiatif, serta siswa dapat melakukan pembulatan hasil operasi hitung bilangan ke dalam puluhan dan ratusan terdekat dengan benar.
- Guru memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan serius agar hasilnya lebih memuaskan, “Anak-anak, marilah kita memulai belajar dengan penuh semangat, agar hasilnya lebih baik dari sebelumnya.”
B. Kegiatan Inti
- Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 3 anak. Masing-masing kelompok diberikan lembar kerja.
- Masing-masing kelompok diberikan lembar kerja.
- Siswa mengerjakan lembar kerja sesuai petunjuk dari guru.
- Siswa melakukan diskusi kelompok mengisi lembar kerja kelompok tentang menaksir hasil pembagian operasi hitung ke puluhan terdekat.
- Salah satu siswa mewakili kelompok melaporkan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menanggapi.
- Siswa diberi kesempatan bertanya yang belum dimengerti.
- Guru memberikan penguatan dan menegaskan materi pembelajaran.
- Siswa menyimpulkan dan merangkum materi pelajaran yang telah dipelajari.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa mengerjakan soal evaluasi.
- Siswa dan guru mengoreksi hasil evaluasi.
- Guru menganalisis hasil evaluasi dan memberikan tugas PR.
- Pembelajaran diakhiri dengan salam
VII. METODE, MEDIA DAN SUMBER BAHAN
A. Metode
Metode bervariasi tipe diskusi, penugasan, tanya jawab, dan latihan
B. Media
Gambar
C. Sumber Bahan
- Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 5 untuk kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. (halaman 2–8).
- Soenarjo, dkk. 2007. Matematika 5untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. (halaman 2–30).
VIII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
A. Penilaian
1. Penilaian proses : ada
2. Penilaian hasil : ada
a. Jenis tes : tertulis
b. Bentuk tes : isian singkat
3. Instrumen
Tentukan hasil perkalian dan pembagian soal-soal berikut. Hasilnya bulatkan ke puluhan dan ke ratusan terdekat!
1. 439 × 78
2. 289 × 23
3. 832 × 58
4. 826 × 678
5. 972 × 926
6. 589 : 19
7. 418 : 38
8. 4.134 : 53
9. 31.785 : 39
10. 28.413 : 41
4. Kunci Jawaban
1. 32.000
2. 6.000
3. 48.000
4. 560.000
5. 900.000
6. 30
7. 10
8. 80
9. 800
10. 700
5. Teknik Penskoran
Jawaban benar skor 10, 1 x 10 = 100
Pedoman penilaian: skor perolehan dibagi skor maksimal dikali 100 sama dengan nilai akhir.
B. Tindak lanjut
- Kegiatan remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM.
- Kegiatan pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari atau sama dengan KKM.
- Analisis hasil dapat dilaksanakan pada waktu akhir pembelajaran atau setelah pembelajaran selesai.
Tambaharjo, 18 Oktober 2013
Mahasiswa
SUPRIJONO
NIM. 819067876
Mengetahui
Kepala SDN Tambaharjo
RATIMAN, S. Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
LEMBAR EVALUASI SIKLUS III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/1
Waktu : 20 menit
Tentukan hasil perkalian dan pembagian soal-soal berikut. Hasilnya bulatkan ke puluhan dan ke ratusan terdekat!
1. 439 × 78
2. 289 × 23
3. 832 × 58
4. 826 × 678
5. 972 × 926
6. 589 : 19
7. 418 : 38
8. 4.134 : 53
9. 31.785 : 39
10. 28.413 : 41